Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Iran Panjatkan Doa Untuk Mendiang Presiden Raisi

- 22 Mei 2024, 18:15 WIB
Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Iran Panjatkan Doa Untuk Mendiang Presiden Raisi
Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Iran Panjatkan Doa Untuk Mendiang Presiden Raisi /dok/en.irna.ir

 

Layar Berita - Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Ayatullah Seyyed Ali Khamenei memanjatkan doa untuk jenazah mendiang Presiden Ebrahim Raisi dan rombongan. Ayatollah Khamenei melaksanakan salat dalam sebuah upacara di Universitas Teheran pada Rabu pagi sebelum prosesi pemakaman di ibu kota.

Tak terhitung banyaknya warga Iran, kepala pemerintahan, dan pejabat militer yang ambil bagian dalam prosesi tersebut. Lebih dari 40 delegasi asing tingkat tinggi akan berpartisipasi dalam upacara Rabu sore untuk memperingati kesyahidan Presiden Raisi, rekan mereka di Teheran.

Di antara peserta asing tersebut, kurang lebih 10 delegasi setingkat kepala negara, hampir 20 delegasi setingkat menteri, dan sisanya di berbagai tingkatan seperti ketua parlemen, utusan khusus, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Presiden Iran Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter di Varzaqan

Jenazah Presiden Raisi dan rekan-rekannya dipindahkan ke Bandara Mehrabad Teheran pada hari Selasa setelah pemakaman di kota Tabriz di barat laut. Para kepala negara serta tokoh agama dan perlawanan menyatakan belasungkawa atas meninggalnya pejabat tinggi Iran.

Para pelayat saat pemakaman massal yang diadakan di ibu kota Teheran pada 22 Mei 2024, terlihat memadati sejumlah ruas jalan sekitar lokasi pemakaman, mengucapkan selamat tinggal dan berdoa kepada jenazah Presiden Ebrahim Raisi dan rekan lainnya yang menjadi korban dalam kecelakaan helikopter di barat laut Iran pada akhir pekan. 

Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi dan jenazah lainnya dipadati pelayat dari sejumlah delegasi dan masyarakat Iran
Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi dan jenazah lainnya dipadati pelayat dari sejumlah delegasi dan masyarakat Iran dok/en.irna.ir

Seperti diketahui, sebelum musibah terjadi, Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, Imam Sholat Jumat Tabriz Mohammad Ali Ale-Hashem, dan Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati sedang kembali dari upacara pembukaan bendungan di perbatasan Iran dengan Republik Azerbaijan pada hari Minggu. 

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: IRNA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah