Indonesia Miliki Potensi Energi Baru Terbarukan yang Besar

- 6 Maret 2024, 23:10 WIB
Dikusi Publik bertajuk ”Diskografi Ekonomi Vol.01: Menuju Transisi Energi Berkelanjutan" di Graha Sawala, Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (6/3/2024)
Dikusi Publik bertajuk ”Diskografi Ekonomi Vol.01: Menuju Transisi Energi Berkelanjutan" di Graha Sawala, Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (6/3/2024) /InfoPublik

 

Layar Berita - Indonesia punya potensi sumber energi baru terbarukan yang besar.  Saat ini Indonesia tengah menuju menjadi negara maju dan melepaskan diri dari middle income trap (pendapatan menengah). 

Tentunya, untuk menjadi negara yang maju, sejumlah hal perlu dilakukan oleh Indonesia, salah satunya adalah penggunaan energi yang bersih.

"Di masa depan, penggunaan energi bersih tentu akan menjadi hal mutlak yang harus dilakukan oleh negara maju. Sehingga transisi energi menjadi sebuah kebutuhan bagi Indonesia," kata Sekjen Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana dalam Diskusi Publik bertajuk ”Diskografi Ekonomi Vol.01: Menuju Transisi Energi Berkelanjutan" di Graha Sawala, Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu 6 Maret 2024.

Baca Juga: Beras Impor Asal Vietnam Tiba di Pelabuhan Krueng Geukuh Sebanyak 6000 Ton

Menurut Dadan, saat ini Indonesia terus melakukan transisi energi dengan mengembangkan sumber-sumber potensial Energi Baru Terbarukan (EBT). 

Selain Itu, saat ini Indonesia juga tengah menjalankan pilar-pilar utama pathway Transisi Energi yakni pemanfaatan EBT, praktik rendah karbon, elektrifikasi, efisiensi energi, penggunaan CCS/CCCUS untuk diimplementasikan pada ekstraksi batubara, minyak, dan gas, serta pada PLTU.

"Dulu kita mencoba sumber energi dari tenaga angin tapi kita belum berhasil. Kita terus mencoba sumber EBT yang lain, karena jika melakukan transisi energi dengan mengandalkan satu sumber EBT tentu tidak bisa," ucap Dadan.

Lanjut Dadan, Indonesia memiliki potensi EBT besar, tersebar, dan beragam, untuk mendukung ketahanan energi nasional dan pencapaian target bauran EBT.  

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: InfoPublik.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah