Tim Resmob Satreskrim Polres Lhokseumawe Berhasil Ungkap Pelaku Penyebab Kematian Gajah di Gunung Salak

- 25 Mei 2024, 09:50 WIB
Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe Iptu Ibrahim
Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe Iptu Ibrahim /Dok/Polres Lhokseumawe

 

Layar Berita - Satuan Reserse Kriminal Polres Lhokseumawe telah berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka yang menyebabkan matinya seekor gajah di Kawasan Gunung Salak, Nisam Antara Aceh Utara beberapa waktu lalu.  

Saat ditemukan, satwa yang dilindungi tersebut sudah mulai membusuk dengan kondisi gading gajah dewasa tersebut sudah hilang.  Adapun tersangka yang diamankan adalah Ju alias M (48) seorang warga Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Henki Ismanto, melalui Iptu Ibrahim mengatakan, sebelumnya pada hari Sabtu, 23 Maret 2024, sekitar pukul 20.00 WIB, ditemukan bangkai seekor gajah yang sudah mati di Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara. 

Baca Juga: Gajah Sumatera Ditemukan Mati Mengenaskan Tanpa Gading di Aceh Utara

Peristiwa penemuan gajah mati ini menunjukkan bahwa gading gajah telah hilang atau terpotong dari belalainya yang mengindikasikan adanya praktik perburuan satwa yang dilindungi. Kejadian ini cepat mendapat respon dari Kapolres Lhokseumawe untuk menurunkan tim.

“Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, KIta langsung menurunkan tim ke lokasi untuk melakukan penyelidikan. Upaya ini berhasil mengidentifikasi tersangka pembunuhan dan pengambilan gading gajah, yakni JU alias Mando dan selanjutnya dilakukan upaya penangkapan,” ujar Ibrahim, Sabtu 25 Mei 2024 pagi. 

Setelah melakukan penyelidikan terhadap keberadaan tersangka Mando, tim melakukan pengejaran terhadap posisi tersangka.  Namun tersangka selama ini berpindah-pindah tempat persembunyian.  Meski begitu, upaya pengejaran terhadap pelaku kematian gajah tetap dilakukan pihak Satreskrim Polres Lhokseumawe.

Akhirnya pada hari Selasa 21 Mei 2024, keberadaan tersangka Mando berhasil diketahui oleh tim. Kemudian tim melakukan pengejaran dari Desa Bungkah Kecamatan Muara Batu Aceh Utara hingga akhirnya posisi tersangka berhasil terlihat oleh tim di Kecamatan Nisam. 

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah