Hakim Pengadilan Tipikor Putuskan 3 Terdakwa Korupsi PT BPRS Kota Juang Terbukti Bersalah

- 3 Mei 2024, 13:46 WIB
Hakim Pengadilan Tipikor Putuskan 3 Terdakwa Korupsi PT BPRS Kota Juang Terbukti Bersalah
Hakim Pengadilan Tipikor Putuskan 3 Terdakwa Korupsi PT BPRS Kota Juang Terbukti Bersalah /Dok/kejari bireuen

 

Layar Berita - Hakim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Banda Aceh di Banda Aceh, memutuskan tiga terdakwa korupsi pada PT BPRS Kota Juang, Kabupaten Bireuen, terbukti bersalah. 

Vonis ini dibacakan dalam sidang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim H. Hamzah Sulaiman, H. Harmi Jaya, dan R. Dedi Harryanto masing-masing selaku Hakim Anggota, pada Kamis 2 Mei 2024.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Bireuen turut menghadiri sidang putusan terhadap terdakwa Z,Y dan KH, di Pengadilan Tipikor , Kamis 2 Mei 2024.

Sidang dalam perkara korupsi Penyertaan Modal Pemkab Bireuen pada PT. BPRS Kota Juang tersebut, dihadiri oleh Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang dipimpin oleh Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Bireuen Siara Nedy.

Dalam amar putusannya untuk terdakwa KH, Hakim menyatakan, terdakwa KH terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana Korupsi.

Baca Juga: Pengadilan Tipikor Banda Aceh Tetapkan Jadwal Sidang 5 Tersangka Korupsi PPJ Lhokseumawe 1 April 2024

Hal ini sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 3 jo pasal 18 ayat (1) huruf a dan b, ayat (2) dan (3) Undang-undang Nomor 31 tahun 1999, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.

Hakim menjatuhkan putusan kepada terdakwa KH dengan pidana penjara selama 3 tahun dikurangi masa tahanan dan membayar denda sebesar Rp50 juta, subsider 6 bulan kurungan. Selain itu membebani terdakwa KH membayar uang pengganti (UP) sebesar Rp4.241.000,-. 

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah