Minyak Ikan: Senjata Ampuh Melawan Jerawat Membandel?

- 25 Mei 2024, 07:05 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /dok/canva

Layar Berita – Jerawat, musuh bebuyutan di wajah, memang menyebalkan. Tapi, tahukah Anda bahwa minyak ikan, si kecil kaya omega-3, bisa menjadi senjata ampuh untuk melawannya?

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Marine Drugs menunjukkan kandungan asam lemak omega-3 pada minyak ikan dapat membantu mengurangi peradangan umum pada tubuh.

Dermatolog bersertifikat dan pendiri Btwn Skincare, Dr. Brooke Jeffy seperti dilansir Antara, menjelaskan bahwa omega-3 dalam minyak ikan dapat membantu mengatasi jerawat dengan cara mengurangi peradangan pada kulit.

Baca Juga: Selamat Datang di Dunia Terapi Baru yang Berani Berbasis Asam Ribonukleat

"Karena minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki sifat antiinflamasi, maka minyak ikan dapat membantu mengatasi jerawat dengan cara mengurangi peradangan pada kulit," ujar Dr. Jeffy sebagaimana dikutip oleh Popsugar pada Kamis.

Menurut Dr. Jeffy, minyak ikan bekerja dengan cara menstabilkan hormon testosteron dan insulin seperti faktor pertumbuhan 1 (IGF-1), yang mana kedua hormon ini cenderung meningkatkan produksi minyak di kulit, salah satu langkah kunci dalam pembentukan jerawat.

Dr. Jeffy menyampaikan bahwa mereka yang memiliki jerawat inflamasi (jerawat merah, bengkak, dan nyeri) dan komedonal (jerawat kecil sewarna daging) dapat memperoleh manfaat terbaik dari minyak ikan.

Efek penggunaan minyak ikan pada jerawat dapat terlihat dalam waktu dua sampai tiga bulan, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan jerawat. Namun demikian, penting untuk diingat bahwa reaksi individu terhadap suplemen minyak ikan berbeda-beda.

Menurut studi Healthline, minyak ikan dapat membantu mengatasi masalah jerawat pada beberapa orang, namun pada orang lain, minyak ikan justru dapat memperparah jerawat.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah