Hari Tanpa Tembakau Sedunia: Waspadai Bahaya Rokok: Lindungi Diri dari Paparan Asap Rokok

- 23 Mei 2024, 22:28 WIB
Ilustrasi setop merokok
Ilustrasi setop merokok /dok/canva

Layar Berita – Dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, penting untuk menyadari bahaya rokok bagi kesehatan. Tidak hanya orang yang merokok, namun orang yang menghirup asap rokok atau perokok pasif pun berisiko terkena berbagai penyakit serius.

Oleh karena itu, langkah-langkah untuk menghindari paparan asap rokok perlu dilakukan. Pasalnya asap rokok mengandung sekitar 7.000 bahan kimia berbahaya, seperti karbon monoksida, hidrogen sianida, dan benzena.

Jika terpapar secara terus-menerus, asap rokok bisa menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh serta menimbulkan masalah kesehatan bagi siapa pun yang menghirupnya.

Baca Juga: Waspadai Musim Hujan dan Banjir! Leptospirosis Diam-diam Mematikan Termasuk di Indonesia

Bahaya Menjadi Perokok Pasif dan Langkah Pencegahannya

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan setidaknya ada 8 juta kematian yang disebabkan oleh asap rokok dan 1,2 juta kasus di antaranya terjadi pada perokok pasif.

Efek Buruk Asap Rokok bagi Perokok Pasif

Efek buruk yang ditimbulkan asap rokok umumnya beragam, tergantung usia dan kondisi orang yang menjadi perokok pasif. Berikut ini adalah penjelasannya:

Dampak asap rokok pada orang dewasa

Sering menghirup asap rokok dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru. Selain itu, perokok pasif juga lebih berisiko mengalami berbagai penyakit serius lain, seperti tekanan darah tinggi, aterosklerosis, penyakit jantung koroner, stroke, dan serangan jantung.

Dampak asap rokok pada ibu hamil

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: alodokter.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah