Keselamatan Menjadi Aspek Krusial Operasi Migas di Indonesia

- 22 Mei 2024, 12:21 WIB
Ilustrasi keamanan dan keselamatan operasi Migas
Ilustrasi keamanan dan keselamatan operasi Migas /dok/esdm

 

Layar Berita - Pada era transisi energi saat ini, industri minyak dan gas bumi (Migas) masih memegang peran penting dalam menopang roda pembangunan nasional. Namun, di balik potensinya yang besar, keselamatan dan keamanan operasi migas menjadi aspek krusial yang tak boleh diabaikan.

Mengingat hal tersebut, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM mengambil langkah tegas dengan menerbitkan 9 pedoman keselamatan Migas baru. Pedoman ini menjadi komitmen kuat pemerintah dalam mewujudkan operasi Migas yang aman, andal, dan ramah lingkungan.

"Ini bukan aturan baru, namun turunan Permen ESDM Nomor 32/2021 untuk mempermudah Badan Usaha/Bentuk Usaha Tetap dalam melaksanakan peraturan terkait inspeksi teknis dan pemeriksaan keselamatan peralatan dan instalasi pada kegiatan usaha migas," terang Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Noor Arifin Muhammad, di Jakarta, Senin 20 Mei 2024.

Baca Juga: Solusi Berbasis Alam Indonesia Capai 1,5 GT CO2 Equivalent per Tahun

Selain memperbaharui perubahan pada pedoman inspeksi teknis dan pemeriksaan keselamatan, pemerintah juga mengeluarkan pedoman teknik yang luas untuk industri migas, yang mencakup penelaahan desain, reverse engineering, analisis residual life, dan analisis risiko.

"Dari pedoman tersebut, diharapkan kualitas dokumen teknis/engineering document dapat menjadi lebih baik dan seragam antar 1 perusahaan dengan perusahaan lain," jelas Noor Arifin.

Menurutnya, pedoman engineering ini juga diharapkan dapat membantu para operator migas dalam mengidentifikasi dan mengelola potensi risiko yang terkait dengan operasi mereka. Pedoman ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasi migas di Indonesia.

"Pedoman ini juga dapat mencegah adanya ambiguitas atau perbedaan penafsiran atas peraturan yang sudah ada," pungkas Noor Arifin.

Halaman:

Editor: Agustiar

Sumber: esdm.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah