Penanaman Perdana Jagung Hibrida di Dayah Bustanul Sa’adah Al Munawarah oleh Pemko Lhokseumawe

- 11 Juni 2024, 19:00 WIB
Pj Wali Kota Lhokseumawe A.Hanan melakukan penanaman perdana jagung hibrida di Dayah Bustanul Sa’adah Al Munawarah
Pj Wali Kota Lhokseumawe A.Hanan melakukan penanaman perdana jagung hibrida di Dayah Bustanul Sa’adah Al Munawarah /dok/Humas Lhokseumawe

Layar Berita – Penjabat (Pj) Wali Kota Lhokseumawe, A Hanan, melaksanakan penanaman perdana jagung hibrida di Dayah Bustanul Sa’adah Al Munawarah, Gampong Rayeuk Kareung, Kecamatan Blang Mangat, pada Selasa 11 Juni 2024.

Program ini merupakan langkah awal dari rencana penanaman jagung secara bertahap yang dimulai dengan bibit jagung di lahan seluas lima hektar. Area ini direncanakan akan diperluas menjadi 10 hektar berdasarkan rekomendasi produksi.

"Dengan target produksi mencapai 10 ton per hektar dan harga jual antara 5.000 hingga 6.000 rupiah per kilogram, penanaman ini diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan santri dan mendorong kemandirian ekonomi pesantren," ujar A Hanan.

Baca Juga: Ayo Hadiri! Pemko Lhokseumawe Gelar Pasar Tani dan Gerakan Pangan Murah Jelang Idul Adha

Penanaman jagung hibrida ini diinisiasi untuk memenuhi kebutuhan pasar yang tinggi, terutama untuk pakan ternak di dalam daerah. Program ini juga bertujuan untuk mengurangi ketergantungan impor jagung dan meningkatkan potensi jagung lokal. Dalam proses penanaman, pemeliharaan, pemupukan, serta pengendalian hama dan penyakit menjadi prioritas utama.

"Saya berharap Dayah Bustanul Sa’adah bisa mandiri dengan memanfaatkan hasil penanaman jagung ini. Hasilnya diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi dayah dan santri serta membantu mengatasi inflasi," harap Hanan.

Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Bank Indonesia Lhokseumawe, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Lhokseumawe, Camat Blang Mangat, Danramil Blang Mangat, Kapolsek Blang Mangat, Pimpinan Dayah Bustanul Sa’adah Al Munawarah, serta tokoh masyarakat setempat.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, program ini diharapkan dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat setempat, terutama bagi santri di Dayah Bustanul Sa’adah.***

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah