Zikri-Muzakir Pimpin AJI Lhokseumawe, Ketum AJI Indonesia: Jaga Independensi sebagai Jurnalis

- 26 Mei 2024, 23:31 WIB
Pasangan Zikri Maulana dan Muzakir Nurdin terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Lhokseumawe
Pasangan Zikri Maulana dan Muzakir Nurdin terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Lhokseumawe /dok/aji lhokseumawe

 

Layar Berita - Zikri Maulana (jurnalis Kompas TV) dan Muzakir Nurdin (Beritasatu TV) terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe tahun 2024-2027, pada Konferensi Kota (Konferta) ke VIII AJI Lhokseumawe Minggu 26 Mei 2024, di Lido Graha Hotel, Lhokseumawe.

Pada Konferta tersebut, muncul dua pasangan calon ketua dan sekretaris, yakni pasangan Zikri-Muzakir dan pasangan Mulyadi- Sarina, digawangi oleh pimpinan sidang M. Agam Khalilullah, Agustiar, dan Bambang Iskandar Martin.

Pemilihan ketua dan sekretaris baru AJI Lhokseumawe diawali pengusulan nama bakal pasangan calon (paslon) oleh para peserta Konferta VIII. Sehingga muncul dua nama pasangan bakal calon untuk ditetapkan sebagai calon.

Baca Juga: Hadirkan 4 Narasumber, AJI Lhokseumawe Gelar Edukasi Transisi Energi kepada Puluhan Jurnalis

Namun saat pemungutan suara selesai, pasangan Zikri-Muzakir berhasil meraih suara terbanyak yakni 17 suara dan pasangan Mulyadi-Sarina sebanyak 3 suara serta 3 suara tidak sah. Sementara jumlah pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) AJI Kota Lhokseumawe sebanyak 26 pemilih.  Namun 3 diantaranya berhalangan hadir saat Konferta VIII digelar.

Selain memilih ketua dan sekretaris, dalam Konferta VIII itu juga dipilih Majelis Etik dan Peradilan Organisasi (MEPO), yakni Irmansyah, Masriadi Sambo, dan Saiful Bahri.  Sedangkan untuk Majelis Pertimbangan dan Legislasi (MPL), ditetapkan 3 nama yang disepakati peserta, yakni Jafaruddin, Albarra Maulana, dan Zulfikri Yasin.

Ketua Umum AJI Indonesia, Nany Afrida, yang hadir langsung dalam Konferta VIII AJI Lhokseumawe melakukan pengukuhan Zikri-Muzakir menjadi Ketua-Sekretaris AJI Lhokseumawe 2024-2027.  Keduanya menggantikan Irmansyah-Jafaruddin, Ketua-Sekretaris AJI Lhokseumawe periode 2021-2024.

Nany Afrida dalam sambutannya saat menutup Konferta VIII AJI Lhokseumawe mengucapkan selamat kepada ketua dan sekretaris terpilih. Nany berharap Zikri-Muzakir segera menyusun struktur kepengurusan lengkap dan program kerja AJI Lhokseumawe tahun 2024-2027.

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah