Hadirkan 4 Narasumber, AJI Lhokseumawe Gelar Edukasi Transisi Energi kepada Puluhan Jurnalis

- 25 Mei 2024, 23:05 WIB
Hadirkan 4 Narasumber, AJI Lhokseumawe Gelar Edukasi Transisi Energi kepada Puluhan Jurnalis
Hadirkan 4 Narasumber, AJI Lhokseumawe Gelar Edukasi Transisi Energi kepada Puluhan Jurnalis /dok/AJI Lhokseumawe

 

Layar Berita - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Lhokseumawe menggelar Edukasi Jurnalis tentang Isu Transisi Energi, di Lido Graha Hotel Lhokseumawe, Sabtu 25 Mei 2024. Kegiatan itu diikuti seluruh anggota AJI dan jurnalis lainnya termasuk para lulusan Basri Daham Journalism Institute (BJI) Lhokseumawe. 

Edukasi itu diisi empat narasumber yakni Dr. Azhari, M.Sc. (Wakil Rektor I Universitas Malikussaleh selaku Pakar Energi Terbarukan), Muhammad Rochaddy (Koordinator Formalitas dan Komunikasi Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut), Danie Mustafa (HSSE Superintendent PHE NSO), dan Zulkarnaini Masry (Jurnalis Kompas, mantan Koordinator Forum Jurnalis Lingkungan Aceh).

Ketua Panitia, Jafaruddin mengatakan, edukasi jurnalis tersebut merupakan kegiatan pra-Konferensi Kota (Konferta) VIII AJI Lhokseumawe, untuk memilih Ketua dan Sekretaris AJI Lhokseumawe tahun 2024-2027 akan berlangsung pada Ahad, 26 Mei 2024.  Hal ini menyusul telah berakhirnya masa kepengurusan AJI Lhokseumawe periode 2021-2024,

Baca Juga: BJI Lhokseumawe Wisuda 16 Lulusan Angkatan ke-VI: Jurnalis Harus Taat KEJ

“Kita menggelar edukasi terkait isu transisi energi ini, untuk menambah pemahaman dan pengetahuan para jurnalis. Hal ini juga seiring dengan upaya pemerintah dalam melakukan transisi dari energi fosil kepada energi terbarukan," ucapnya.

Dia menyebutkan, tuntutan global kini mengedepankan energi yang lebih ramah terhadap lingkungan. Sehingga energi terbarukan akan memainkan peran penting di masa depan. Oleh karena itu, transisi energi dari energi fosil ke energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan menjadi tantangan tersendiri bagi industri hulu minyak dan gas bumi.

“Kita berharap kedepannya yang mengikuti edukasi pada hari ini dapat memperkaya referensi masyarakat tentang transisi energi dari fosil ke energi terbarukan,” imbuhnya.

Dr. Azhari, Wakil Rektor I Universitas Malikussaleh yang merupakan Pakar Energi Terbarukan, memaparkan prospek energi terbarukan dalam transisi energi di Aceh. Menurut dia, jika dilihat dari sumber daya alam, maka pengembangan energi terbarukan di Aceh cukup prospek dimulai dari sisi bahan baku biomassa. 

Halaman:

Editor: Agustiar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah